Pengikut

Selasa, 26 Juli 2011

Hadis Romadhon


Marhaban Ya Romadhon...

Alhamdulillah akhirnya sampai juga kita di hari-hari penghujung bulan Sya'ban yang berarti sebentar lagi Romadhon bulan yang mulia akan segera tiba. Sebagai umat Islam sudah sepatutnyalah kita bersyukur kepada Allah swt. yang telah mengabulkan do'a-do'a kita setahun yang lalu agar bisa bertemu kembali dengan bulan suci Romadhon, bulan penuh rahmat dan maghfirah bulan Romadon. Untuk itu lewat tulisan yang singkat ini saya ingin menyampaikan beberapa hadis yang berekaitan dengan bulan Romadhon semoga dengan ini  kita menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah di dalamnya dan agar kita lebih bisa berhati-hati untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat mengurangi bahkan dapat membatalkan pahala puasa Romadhon..

Abu Hurairah meriwayatkan sabda Nabi saw. "Siapa yang berpuasa pada bulan Romadhon dengan penuh keimanan dan keikhlasan, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu diampuni. Siapa yang beribadah pada malam lailatul Qadar dengan penuh iman dan ikhlas, dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni." (HR Bukhari)
Abu Sa'id al-Khudri berkata, "Aku mendengar Nabi saw. bersabda, "Siapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, hanya karena mengharap ridha Allah semata, pasti Allah akan menjauhkan neraka dari wajahnya sejauh tujuh puluh tahun perjalanan." (HR Bukhari-Muslim)


Abu Hurairah menceritakan bahwa Rasululah saw. bersabda dalam sebuah hadis Qudsi. Allah berfirman, "Setiap kebaikan yang dilakukan anak Adam Aku balas sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali ibadah puasa. Puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah benteng, oleh sebab itu, siapa ynag berpuasa, maka jangan mengucapkan kata-kata yang tidak bermanfaat dan jangan pula membodoh-bodohi orang lain, jika ada orang lain yang mencaci atau menyakitinya, maka hendaklah dia  mengatakan " sesungguhnya aku sedang berpuasa, sesungguhnya aku sedang berpuasa." (HR Ibnu Hibban)
Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah saw. bersabda, "Siapa yang berbuka sehari saja pada siang hari di bulan Romadhon tanpa alasan yang dibolehkan agama atau tidak pula karena sakit, maka puasa setahun (setelah itu sebagai penggantinya) tidak akan dapat menggantikannya walaupun dia akan melakukan puasa sepanjang tahun."


Tambahan :

Abu Qatadah al- Anshori menceritakan, bahwa Rasulullah saw. pernah ditanya  tentang puasa hari senin dan kamis, maka dia bersabda, "Pada hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu pula al-Quran diturunkan kepadaku" (HR Muslim).
Abu Hurairah menceritakan, Rasulullah saw. bersabda,"Pada hari senin dan kamis pintu surga dibuka, maka pada hari itu dosa orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah akan diampuni, selain dua orang yang saling bermusuhan. Allah berfirman, "Kembalikanlah dua orang ini hingga mereka saling memaafkan dan berdamai."  (HR at-Tirmidzi)
Abu Hurairah menceritakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Pada hari senin dan kamis segala amal yang dikerjakan akan diangkat, oleh sebab itu aku lebih mencintai bila amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa" (HR at-Tirmidzi) .


__Allahumma Bariklana fi Rojaba wa Sya'bana wa Balighna ila Romadhona__

Walhamdulillahi Robbil 'alamin,,,,,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar